STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PRIBUMI
Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak
dilakukan karyawan sehinggamereka mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi
kontribusi kepada instansi atauorganisasi termasuk pelayanan kualitas yang
disajikan. Strategi peningkatan kinerja adalah cara perusahaan untuk
meningkatkan kinerja karyawan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Agar strategi peningkatan kinerja tersebut dapat berhasil maka perusahaan perlu
mengetahui sasarankinerja. Sasaran kinerja yang menetapkan adalah individu
secara spesifik, dalam bidang proyek, proses, kegiatan rutin dan inti yang
akan menjadi tanggungjawab karyawan. Jika sasaran kinerjaditumbuhkan dari dalam
diri karyawan akan membentuk suatu kekuatan diri dan jika situasilingkungan
kerja turut menunjang maka pencapaian kinerja akan lebih mudah (Anwar
PrabuMangkunegara, 2005:68).
1. Tahap Pelatihan
Program latihan mempunyai tiga tahap aktivitas (Barnardin
dan Russell dalam Ambar T.Sulistiyani dan Rosidah, 2003:178), yaitu:
a. Penilaian kebutuhan latihan (need assesment),
tujuannya adalah mengumpulkan informasiuntuk menentukan
dibutuhkan atau tidaknya program latihan.
b. Pengembangan program latihan (development),
bertujuan untuk merancang lingkunganlatihan dan
metode-metode latihan yang dibutuhkan guna mencapai tujuan latihan.
c. Evaluasi program latihan (evaluation),
tujuannya untuk menguji apakah program-programlatihan yang
telah dijalani, secara efektif mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Pelatihan dan Pengembangan
Keputusan menyelenggarakan latihan harus berdasar pada data
yang telah dihimpun dengan melakukan suatu penilaian kebutuhan kebutuhan.
Penilaian kebutuhan mendiagnosis masalah-masalah saat ini dan
tantangan-tantangan di masa yang akan dihadapi. Organisasi yang
tidak melakukan penilaian kebutuhan kemungkinan akan banyak melakukan
kesalahan dan gagal menyelenggarakan programnya.
3. Metode Pelatihan dan Pengembangan
Menurut (Murti Sumarni dan John Soeprihanto 2000:374), ada
dua metode latihan dan pengembangan
a. Dua metode dasar dalam melaksanakan pengembangan
karyawan
1) Latihan (Training )
Latihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan
seorang karyawan dengan carameningkatkan kemampuan dan ketrampilan karyawan
dalam menjalankan suatu pekerjaan.2) Pendidikan (
Education
)Pendidikan adalah latihan untuk memperbaiki latihan seorang
karyawan tentang pengetahuanumum dan pengetahuan ekonomi pada umumnya, termasuk
peningkatan penguasaan teori danketrampilan mengambil keputusan dalam
menghadapi persoalan-persoalan organisasi perusahaan.
b. Prinsip-prinsip yang digunakan sebagai pedoman dalam
melatih karyawan agar latihandan pengembangan dapat berjalan dengan baik:
1) Adanya dorongan atau motivasi yang jelas bagi
peserta latihan
2) Adanya laporan kemajuan
3) Adanya ganjaran atau pujian
4) Adanya partisispasi aktif dari para pesrta latihan
5) Diusahakan metode latihan yang
sesuai.Program-program latihan dan pengembangan dirancang untuk meningkatkan
prestasi kerja,mengurangi absensi dan perputaran, serta memperbaiki kepuasan
kerja.
Komentar
Posting Komentar