STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA PRIBUMI

Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan sehinggamereka mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada instansi atauorganisasi termasuk pelayanan kualitas yang disajikan. Strategi peningkatan kinerja adalah cara perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Agar strategi peningkatan kinerja tersebut dapat berhasil maka perusahaan perlu mengetahui sasarankinerja. Sasaran kinerja yang menetapkan adalah individu secara spesifik, dalam bidang proyek, proses, kegiatan rutin dan inti yang akan menjadi tanggungjawab karyawan. Jika sasaran kinerjaditumbuhkan dari dalam diri karyawan akan membentuk suatu kekuatan diri dan jika situasilingkungan kerja turut menunjang maka pencapaian kinerja akan lebih mudah (Anwar PrabuMangkunegara, 2005:68). 

1. Tahap Pelatihan
Program latihan mempunyai tiga tahap aktivitas (Barnardin dan Russell dalam Ambar T.Sulistiyani dan Rosidah, 2003:178), yaitu:
a. Penilaian kebutuhan latihan (need assesment),
tujuannya adalah mengumpulkan informasiuntuk menentukan dibutuhkan atau tidaknya program latihan.
b. Pengembangan program latihan (development),
bertujuan untuk merancang lingkunganlatihan dan metode-metode latihan yang dibutuhkan guna mencapai tujuan latihan.
c. Evaluasi program latihan (evaluation),
tujuannya untuk menguji apakah program-programlatihan yang telah dijalani, secara efektif mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Pelatihan dan Pengembangan
Keputusan menyelenggarakan latihan harus berdasar pada data yang telah dihimpun dengan melakukan suatu penilaian kebutuhan kebutuhan. Penilaian kebutuhan mendiagnosis masalah-masalah saat ini dan tantangan-tantangan di masa yang akan dihadapi. Organisasi yang tidak melakukan penilaian kebutuhan kemungkinan akan banyak melakukan kesalahan dan gagal menyelenggarakan programnya.

3. Metode Pelatihan dan Pengembangan
Menurut (Murti Sumarni dan John Soeprihanto 2000:374), ada dua metode latihan dan pengembangan
a. Dua metode dasar dalam melaksanakan pengembangan karyawan
1) Latihan (Training )
Latihan adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan seorang karyawan dengan carameningkatkan kemampuan dan ketrampilan karyawan dalam menjalankan suatu pekerjaan.2) Pendidikan (
Education 
)Pendidikan adalah latihan untuk memperbaiki latihan seorang karyawan tentang pengetahuanumum dan pengetahuan ekonomi pada umumnya, termasuk peningkatan penguasaan teori danketrampilan mengambil keputusan dalam menghadapi persoalan-persoalan organisasi perusahaan.
b. Prinsip-prinsip yang digunakan sebagai pedoman dalam melatih karyawan agar latihandan pengembangan dapat berjalan dengan baik:
1) Adanya dorongan atau motivasi yang jelas bagi peserta latihan
2) Adanya laporan kemajuan
3) Adanya ganjaran atau pujian
4) Adanya partisispasi aktif dari para pesrta latihan

5) Diusahakan metode latihan yang sesuai.Program-program latihan dan pengembangan dirancang untuk meningkatkan prestasi kerja,mengurangi absensi dan perputaran, serta memperbaiki kepuasan kerja.

Komentar

Postingan Populer